Jumat, 30 Desember 2011

Kanguru Lebih Cepat daripada Kuda Balap


Kanguru dapat mencapai kecepatan 70 km per jam dengan kaki belakangnya yang panjang dan kuat. Tetapi kanguru tidak berlari. Mereka melompat. Untuk menambah keceatannya, seekor kanguru tidak melompat lebih cepat. Ia hanya menggunakan lompatan-lompatan yang lebih panjang. seekor kanguru yang sedang terburu-buru dapat menyeberangi sungai selebar lapangan tennis hanya dengan satu lompatan. Hewan ini dapat mencapai keranjang bola basket dengan satu lompatan saja.

Kamis, 29 Desember 2011

Sepeda Baru Naila


Sepeda Baru Naila

Semakin besar seseorang semakin besar pula kebutuhannya, begitulah yang terjadi dengan hidup ini, semuanya merupakan sunnah kehidupan. Anakku Naila sudah semakin besar dan semakin pintar berbicara dan meminta. Kemarin Naila bermain kerumah tetangga kami dan disana ada sepeda kecil yang membuatnya gembira dan tertawa. Naila dengan gerak lucunya mendorong, menaiki sepedah tersebut disertai dengan suaranya yang kadang tidak mudah dipahami. Tidak tahu aku bahasa apa yang diucapkannya.

Senin, 26 Desember 2011

Biarkan anak mengatasi sendiri kegagalannya sebelum anda turun tangan dan membantunya.


Biarkan anak mengatasi sendiri kegagalannya sebelum anda turun tangan dan membantunya.

 
Mengapa ?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kegagalan akan memberikan motivasi pada anak untuk berusaha lagi dengan lebih baik, sebaiknya orang tua tidak terlalu tergesa-gesa dan langsung membantu anak dalam mengatasi kegagalannya. Jangan biasakan untuk mengambil alih  tanggung jawab anak. Ketika anak melakukan suatu kesalahan atau kekeliruan, ambillah kesempatan ini sebagai suatu momen pembelajaran bagi anak. Jangan mencari kambing hitam buat anak kita sendiri, jangan memintakan maaf dari orang lain untuk anak kita. Sebaliknya dampingilah anak kita untuk bisa menghadapi kegagalannya dan mengatasinya sendiri. Anda bisa menghibur anak yang merasa gusar, takut, dan sedih karena telah melakukan kesalahan tapi tetaplah minta dia untuk menghadapi permasalahannya sendiri. Sebagai orang tua, kita bisa mendukung dan mendampinginya tapi jangan sampai mengambil alih permasalahan anak. (ingat kita tidak akan hidup selamanya untuk bisa terus melakukan hal ini). Anak perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan rasa percaya diri bahwa dia bisa mengatasi permasalahannya sendiri.

Berikan Ruang Untuk Kegagalan



Berikan Ruang Untuk Kegagalan

Mengapa ?

Kegagalan merupakan bagian dari suatu proses pertumbuhan. Dalam pertumbuhannya, seorang anak akan mengalami cuku banyak kegagalan kecil maupun besar (misalnya jatuh ketika belajar berdiri dan berjalan, menjatuhkan benda yang dipegangnya, mengomol, dan sebagainya). Ungkapan klise “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda” mengandung kebenaran.

Dalam konteks rasa percaya diri anak, kegagalan merupakan peluang untuk berbagai hal. Pertama, kegagalan mengajarkan anak untuk merasa rendah hati dan menyadari keterbatasannya. Kedua, kegagalan akan memberikan motivasi pada anak untuk berusaha lagi dengan lebih baik. Ketiga kegagalan menciptakan kesempatan bagi anak untuk dicintai secara utuh dan apa adanya.

Masyarakat Arso


Arso berasal dari kata Arsoi, yang berarti taring babi. Nama Arso yang sekarang dipakai menamakan penduduk daerah batas timur ini tidak berasal dari penduduk asli setempat, tetapi merupakan sebutan orang Manem yang tinggal di daerah yang terletak disebelah timur Arso hingga melewati batas Negara. Selain itu nama Arso juga dipakai oleh orang asing pemburu burung cendrawasih untuk menyebut penduduk daerah itu.
Masyarakat setempat sebenarnya tidak mau menggunakan nama itu, mereka lebih suka menyebut diri mereka sebagai orang Taigot, yaitu sebuah nama tanah tempat dimana mereka tinggal.

Masyarakat Dani



      Sebutan “Orang Dani” yang sekarang dipakai untuk menamakan penduduk lembah Baliem berasal dari sebutan orang Mori, penduduk daerah dataran tinggi Pinai untuk menyebut penduduk penduduk lembah Baliem. Kata Dani dari kata Ndani karena ada perubahan fonem maka huruf N hilang dan menjadi Dani, artinya adalah orang asing.
      Penduduk lembah Baliem sendiri tidak mau menggunakan nama tersebut, dan lebih suka menamakan dirinya sendiri sebagai nit (akuni) Pallimeke , yang berarti “Kami (orang) dari Baliem”, meskipun mereka tidak setuju dengan nama tersebut tetapi masyarakat umum sudah terlanjur menggunakan nama tersebut di dalam laporan-laporan dan karangan-karangan etnografi mereka sehingga nama itulah yang sekarang dipakai secara resmi.

Masyarakat Dani memiliki 3 sub bahasa ibu secara keseluruhan, dan ketiganya termasuk bahasa-bahasa kuno yang kemudian seiring perjalanan waktu, ketiga sub bahasa ibu ini pun memecah menjadi berbagai varian yang dikenal sekarang ini di Papua. Sub bahasa ibu itu adalah;
  1. Sub keluarga Wano
  2. Sub keluarga Dani Pusat yang terdri ataslogat Dani Barat dan logat lembah Besar Dugawa
  3. Sub keluarga Nggalik - Dugawa


Kadal Bisa Menanggalkan Dan Menumbuhkan Ekor


Banyak kadal diserang oleh binatang-binatang yang menggigit ekornya. Ekor kadal pun jatuh ke tanah. namun kadal membutuhkan ekor untuk menjaga keseimbangan saat berjalan atau memanjat. Untungnya, pada kebanyakan kadal akan tumbuh ekor baru untuk menggantikan ekor lama.

Sabtu, 24 Desember 2011

Syair Hujan 2011

Hujanku
Hujanmu
Hujan kita
semua..

hujanku kerinduanku
hujanku membawaku
ke dimensi ruang tanpa waktu
ruang khayal
alam masa lalu
.............
bermain hujan
bersama teman
berlarian
di tengah rerumputan...

hujanku
kerinduanku
akan masa lalu...

Salam Hujan.
24/12/2011

Mari Berdo'a


1..أعوذ بالله من الشيطان الرجيم , بسم الله الرحمن الرحيم , الحمد لله رب العا لمين , حمدا يوافى نعامه و يكافي مزيده , يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلآل و جهك الكريم و عظيم صلطانك.
ٍ2..اللهم فصلى و سلم على سيدنا محمد . صلاة تنجنا نها  من جميع الاحوال و الافات ,وتقضيلنا بها من جميع الحاجات , وتطهَرلنا من جميع السيأت, وترفعنا بها عندك أعلى الدَرجات , و تبلَغنا أقص الغيات من جميع الخيرات فى الحيات و بعد ممات و يا قاضي الحاجات
3..اللهمَ اغفرلنا ذنوبنا ولوالدين وارحمهم كما ربون  صغارا, و لجميع المسلمين و المسلمات و المؤمنين و المؤمنات , الأحيأ منهم والأموات, و اتبع بيننا و بينهم بالخيرات, ربَ اغفر ورحم , وأنت خير الرَاحمين.
4...اللهمَ اجْعلْ ديننا دين النبيَ صلى الله عليه وسلاَم, وإسلامنا إسلام المسلمين,و إيماننا إيمان المؤمنين , وصلاتنا صلاة الخاشعين , ودوعاءنا دوعاء المقبولين , وذنوبنا ذنوب المستغفرين  , وحياتنا حياة العلماء العاملين و و موتنا موت الشهداء و الصالحين, واهدنا سبول السلام , يا ذا الجلال و الإكرامْ.
5...اللهمَ نوَر قلوبنا بنور هدياتك كما نوَرت الارض بنور شمسك أبدا
6...اللهمَ يا فتَاح , إفتح لنا فإنَك خير الفاتحين , اللهمَ يا رزاق,ورزقنا فإنَك خير الرَازقين, يا رحمان ,إرحمنا فإنَك خير الراحمين, ياغفَارفغفرلنا فإنَك خير الغافرين, ولاحول ولاقوَة إلاَ بالله العلي العظيم.
7...اللهم إنا نسألك سلامة فالدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبراكة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت اللهم هون علينا في سكرات الموت و نجاة من النارو العفو عند الحساب
8...اللهم سلمنا وسلم ديننا وسلم قلوبنا وسلم روحنا وسلم أجسادنا وسلم أعمالنا وسلم أموالنا وسلم أولادنا وسلم أسراتنا وسلم المسلمين والمسلمات في البروالبحروياقضي الحاجات
9...ربنا إننا سمعنا منادي ينادي للإيمان أن آمنوا بربكم فأمنا
ربنا فغفرلنا ذنوبنا وكفرعنا سيأتنا وتوفنا مع الأبرار
10...ربنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفرلنا وترحمنا لنكوننا من الخاسرين
11...اللهم أحينا بالإيمان وأمتنا بالإيمان واحشرنا بالإيمان وأدخلنا الجنة مع الإيمان
12...ربنا لاتؤخذنا إن نسينا أو أخطأنا ربنا ولاتحمل علينا إصرا كما حملته علي الذين من قبلنا ربنا ولاتحملنا ما لاطا قة لنا به واعف عنا واغفرلنا وارحمنا أنت مو لنا فا نصرناعلي القوم الكافرين
13...اللهم أرينا الحق حقا وارزقنا اتباعه وأرينا الباطل باطلا وارزقنا اجتنابه
14...اللهم إنا نسألك رضاك والجنة ونعوذبك من سخاتك والنار
15...اللهم اهدينا الصراط المستقيم ,اللهم اهدينا الصراط المستقيم,اللهم اهدينا الصراط المستقيم. صراط الذين أنعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولاالضالين
16...ربنا آتنا في الدنيا حسنة و في الأخرة حسنة و قينا عذاب النار
17...سبحانك رب العزة عما يصيفون والسلام علي المرسلين والحمد لله رب العالملين


Wilayah Yang Menggunakan Bahasa Papua

   Wilayah Yang Menggunakan Bahasa Papua.
1.      Masyarakat Arfak
Masyarakat arfak merupakan penduduk asli pedalaman Manokwari. Nama Arfak diambil dari nama gunung yang ada di pedalaman Kabupaten Manokwari, yaitu gunung Arfak yang berarti “besar”. Suku bangsa yang merupakan warga masyarakat ini terdiri dari empat subsuku bangsa, yaitu :
a.      Orang Meyakh, mendiami daerah Kecamatan manokwari, Warmare, dan Sidey
b.      Orang Moile, mendiami daerah Warmare dan Manokwari
c.      Orang hatam, tersebar di daerah Oransbari dan Manokwari
d.      Orang Manikion, mendiami daerah Anggi, Merdey, Buntuni, dan ransiki

Karakteristik Bahasa Papua

     A.      Karakteristik Bahasa Papua
Bahasa-bahasa di Papua diklasifikasikan ke dalam dua golongan besar, yang oleh para ahli linguistic disebut phylum (fila), yaitu :
       1.      Fila bahasa-bahasa Melanesia
       2.      Fila bahasa-bahasa non Melanesia
Fila bahasa Melanesia merupakan bagian tengah-selatan dari fila besar bahasa-bahasa Austronesia. Sebaliknya, bahasa-bahasa non- Melanesia merupakan bahasa khas Papua, yang tidak memiliki hubungan linguistic dengan bahasa-bahasa di luar Papua dan Papua Nugini, kecuali dengan beberapa bahasa di Pulau Timor, Alor, Pantar, dan Halmahera Utara.

Rabu, 21 Desember 2011

SELAMAT HARI IBU

"Dari Abu Hurairah ra., Ia berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah saw dan bertanya kepada beliau, "Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berhak aku pergauli?" Beliau menjawab, "Ibumu! Ia bertanya lagi, "Lalu siapa?" Rasul menjawab lagi, "Ibumu!" Ia balik bertanya, "Siapa lagi?" Rasul kembali menjawab, "Ibumu!" Ia kembali bertanya, "Lalu siapa lagi?" Beliau menjawab, "bapakmu! "(Dikeluarkan oleh Asy-Syaikhani (Bukhari-Muslim)"


Dari hadits diatas cukuplah sebagai garansi bahwa ibu adalah sosok yang mulia dan agung. Ibu adalah sosok yang harus kita pergauli dengan yang paling baik di dunia ini setelah Allah dan rosulnya baru kemudian bapak.

Bangsa Austronesia

C.      Bangsa Austronesia
Bangsa Austronesia bermula dari daerah Tiongkok bagian selatan. Bangsa tersebut melakukan migrasi sekitar 5.000 tahun yang lalu ke Pulau Taiwan, kemudian menuju ke Filipina, Indonesia, Madagaskar dekat Benua Afrika, dan ke seluruh Samudra Pasifik. Salah satu hal yang menarik adalah bahasa Ma’anyan di daerah Dayak Kalimantan sangat dekat  dengan bahasa yang digunakan di daerah Madagaskar di lepas pantai timur Afrika. (www.wikipedia.org)
D.       Karakteristik Bahasa Austronesia
Bahasa Austronesia mempunyai banyak jenis, secara genialogis (keturunan) di wilayah Indonesia terdiri atas tiga kelompok yaitu :
-       Malayo - Polinesia Barat 
-       Malayo - Polinesia Tengah
-       Halmahera Selatan – Papua Barat.
Sedang secara tipologis rumpun bahasa Austronesia terbagi menjadi empat kelompok yaitu :
1.      Bahasa –bahasa dengan system diathesis morfologis tipikal Austronesia.
2.      Bahasa dengan system diathesis campuran dengan persesuaian pronominal.
3.      Bahasa Isolasi
Bahasa dengan persesuaian tanpa system diathesis.

BAB VI Karakteristik Bahasa Austronesia dan Bahasa Papua

BAB VI
Karakteristik Bahasa Austronesia dan Bahasa Papua
A.      Pengantar
Bahasa Austronesia adalah sebuah rumpun bahasa yang memiliki wilayah persebaran yang cukup luas di dunia. Para penutur bahasa ini diduga berasal dari Cina bagian selatan. Sekitar 4000 tahun yang lalu, mereka melakukan migrasi ke Pulau Taiwan, lalu menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar, dan Lautan Pasifik.
Di ujung utara : Taiwan dan Hawaii
Di ujung selatan : Selandia Baru (Aotearoa)
Di ujung barat : Madagaskar
Di ujung timur : Pulau Paskah (Rapanui)

Selasa, 20 Desember 2011

MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEDULIAN TERHADAP BAHASA, DIALEK DAN TRADISI LISAN



A.                MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEDULIAN TERHADAP BAHASA, DIALEK DAN TRADISI LISAN
Bahasa, dialek dan tradisi lisan merupakan satu kesatuan. Tradisi lisan menunjukkan identitas dialek dan bahasa penuturnya. Tradisi lisan merupakan tradisi masyarakat sebelum mengenal tulisan yang dituturkan secara turun temurun, dan dari mulut ke mulut (secara lisan dan bahasa mulut), namun keberadaannya tetap eksis (berkembang) sampai dengan zaman sekarang ini.

KEBERADAAN DAN PERKEMBANGAN TRADISI LISAN DI MASYARAKAT


D.      KEBERADAAN DAN PERKEMBANGAN TRADISI LISAN DI MASYARAKAT
Tradisi Lisan Di Indonesia memiliki beberapa cirri khas diantaranya ;
1.        Paparannya panjang lebar
2.        Menggunakan pola dan susunan baku untuk membantu pencerita memproses ucapan dan mengingat teksnya.
3.        Rangkaian cerita berisi peristiwa yang benar-benar terjadi, dongeng, khayalan, acatau teks keagamaan
4.        Pembawa cerita akan menambahkan gaya dan silapnya sendiri, memperbesar peran tokoh-tokoh tertentu yang mereka sukai atau menambah kelucuan sesuai selera masing-masing pendengarnya.

Senin, 19 Desember 2011

Sang Ibu

Ibu adalah guruku
Ibu adalah orangtuaku
Ibu adalah kehidupanku
Ibu adalah pahlawanku
Ibu adalah penawarku
Ibu adalah segalanya bagiku....

Di bawah telapak kaki ibu surga terbentang
Ridlo Tuhan beriringan dengan ridlo ibu
Murka Tuhan sejalan dengan marahnya sang ibu

Bangilanku-Bangilanmu-Bangilan Kita

Bangilan adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di ujung barat selatan kota Tuban. Batas-batas kecamatan Bangilan adalah :
- Batas Utara Kecamatan Kerek
- Batas Selatan Kecamatan Senori
- Batas Barat Kec. Kenduruan dan Jatirogo
- Batas Timur Kecamatan Singgahan

Abu Hanifa dan Tetangganya

Di Kufah, Abu Hanifah mempunyai tetangga tukang sepatu. Sepanjang hari bekerja, menjelang malam ia baru pulang ke rumah. Biasanya ia membawa oleh-oleh berupa daging untuk dimasak atau seekor ikan besar untuk dibakar. Selesai makan, ia terus minum tiada henti-hentinya sambil bemyanyi, dan baru berhenti jauh malam setelah ia merasa mengantuk sekali, kemudian tidur pulas.

Minggu, 18 Desember 2011

KETERKAITAN ANTARA BAHASA DAN DIALEK


             C. KETERKAITAN ANTARA BAHASA DAN DIALEK
Bahasa merupakan bagian dari kebudayaan yang salah satu fungsinya sebagai alat menyampaikan kebudayaan dari satu pihak ke pihak yang lain. Dalam kajian bahasa, akan dipelajari konsep verbal dan nonverbal. Konsep verbal mencakup dialeg (termasuk dalam dialegnya) dan konsep nonverbal mencakup body language (bahasa tubuh)
Dalam kamus besar bahasa indonesia dialeg adalah versi bahasa yang berbeda-beda menurut  pemakai. (misalnya bahasa daerah tertentu atau kurun waktu tertentu). Berdasarkan pengertiannya dialeg dibedakan sebagai berikut  ;
1.        Dialeg regional, cirri-cirinya dibatasi tempat. Misalnya dialeg melayu, manado.
2.        Dialeg social dipakai oleh kelompok social tertentu, misalnya dialeg wanita jepang.
3.    Dialeg Temporal adalah dialeg bahasa yang berbeda dari waktu ke waktu. Misalnya dialeg melayu kuno, melayu klasik dan modern

Sabtu, 17 Desember 2011

2. Variasi Bahasa Berdasarkan Tingkat Keformalannya


2.      Variasi Bahasa Berdasarkan Tingkat Keformalannya
Variasi bahasa berdasarkan bahasa menjadi lima macam gaya. yaitu gaya atau ragam buku ( frozen ), Berdasarkan gaya atau ragam resmi ( formal ) tingkat keformalannya
tingkat keformalannya, Martin Joos ( 1967 ) dalam bukunya The Five Clock membagi variasi, gaya atau ragam bahasa ( konsultatif ) , gaya atau ragam santai ( casua ) , dan gaya atau ragam akrab (intimate )

Simbol Kemajuan Ataukan Simbol Penjajahan ?

Betapa senangnya kita warga masyarakat Bangilan melihat keadaan kota kecil ini yang selalu berbenah. Kalau malam hari sepanjang jalan raya Bangilan tidak lagi suram dan gelap seperti tempo dulu. Kesan glamour dan ramai akan kita rasakan ketika kita jalan-jalan malam. Apalagi ditambah dengan hadirnya Pasar modern yang berada di jalan raya Bangilan tepatnya disebelah selatan pertigaan depan pasar tradisional Bangilan.
Masih teringat dalam memori saya, bagaimana meriahnya kota kecil Bangilan ini awal dibukanya pasar modern, yang dianggap mewakili simbol dari sebuah kemajuan kehidupan masyarakat. Tapi benarkah dengan adanya pasar-pasar modern kota kita menjadi maju ? benarkah dengan banyaknya pasar-pasar modern di kota-kota kecamatan mencerminkan tingkat ekonomi rakyat yang semakin mapan?

Tips Tampilan facebook timeline (Sanad dari Saudara Adzim Thalib)


Baru-baru ini marak tampilan profil facebook yang baru yang dikenal dengantampilan facebook timeline. Contoh Tampilanya kayak gambar diatas. Bagaimanacara merubah tampilan profil facebook yang baru seperti gambar diatas. Untuk merubah tampilan profil facebook itu sungguh gampang sekali ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Login dengan akun facebook teman-teman.

2. Buka http://www.facebook.com/about/timeline

3. Akan ketemu penampakan seperti dibawah ini, (kemudian klik Tombol Hiau dipojok kanan bawah, yang makek bahasa Indonesia tulisannya "Dapatkan Kronologi".


4. Setelah itu akan langsung menuju profil teman2, dan jangan kaget karena teman2 akan disuguhi perubahan tampilan profil facebook yang baru itu, kalau sudah gak sabar silakan klik "terbitkan sekarang", kalau enggak diterbitkan sekarang itu selama 7 hari yang bisa melihat hanya kamu sendiri aja, setelah 7 hari otomatis terbit.


5. Biar lebih keren tambahkan sampulnya, dengan klik tambahkan sampul dan masukan foto atau gambar teman-teman:


 

Contoh hasilnya:

Cukup sudah langkah-langkah diatas, semoga teman-teman tidak salah langkah, dah barulah sudah profil facebook teman-teman. Selamat mencoba.

salam hormat dariku, http://beritawonganteng.blogspot.com/2011/12/merubah-tampilan-profil-facebook.html

widha utawi idha


BAHASA DAN DIALEK YANG DI GUNAKAN OLEH MASYARAKAT

   B  BAHASA DAN DIALEK YANG DI GUNAKAN OLEH MASYARAKAT
              Variasi bahasa pertama yang kita lihat berdasarkan penuturnya adalah variasi bahasa yang di sibut Idiolek. Yaitu variasi bahasa yang bersifat perorangan. Menurut konsep idiolek,setiap orang mempunyai variasi bahasa / idiolek sendiri. Yaitu yang berkenaan dengan warna suara pilihan kata. Gaya bahasa dan susunan kalimat.
                   Variasi bahasa kedua berdasarkan penuturnya adalah yang di sebut dengan dialek. Yaitu variasi bahasa dan sekelompok penutur yang jumlahnya relatif yang berada pada suatu wilayah atau area tertentu.

Rabu, 14 Desember 2011

Selamat dan Sukses

Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin......
Selamat dan sukses teruntuk para sahabat, kawan, teman saudaraku yang hari ini telah lulus tes perangkat desa, moga kiprah kalian semua membawa perubahan kearah kebaikan bagi masyarakat kita semua. amien.
Terkhusus untuk Ust. Ahmad Nasiruddin, yang sekarang telah resmi menjadi Kadus Kedung Asri (walau belum dilantik) perjuangan belum selesai, moga tetep kuat tirakat lan laku prihatin.
Baarakallah Lana Wa Iyyakum.


REKAP HASIL TES PERANGKAT DESA KECAMATAN BANGILAN TAHUN 2011




REKAP HASIL TES PERANGKAT DESA KECAMATAN BANGILAN
TAHUN 2011

No.
Desa
Formasi Jabatan
Peserta Yg Lulus
Rata-rata Nilai
1.
Bate
Deni agustin
Kasi Keuangan
80


Nur Sajib
Kesra
75
Windoko
Kadus
82,5
Windono
Kadus
70
2.
Klakeh
Rasno
Kasi Pemerintahan
92,5
Mukaya’el
Kasi Pembangunan
85
Kusminingsih
Pertanian & Pengairan
72,5
3.
Sidotentrem
Wahyudi
Kadus
86,25
4.
Kd. Mulyo
Achmad Nasiruddin
Kadus
94,38
Sareh
Kasi Trantib
89,38
5.
Kumpulrejo
M. Hadi Saputro
Kasi Keuangan
73,1
Sukirno
Kemasyarakatan
82,5
Mualimah
Pertanian & Pengairan
85
6.
Kablukan
Poryanto
Kasi Trantib
88,13
  

Sumber : Papan Pengumuman Kec. Bangilan

Tes Perangkat Desa di Kec. Bangilan

Bangilan, 14/12/2011. Pelaksanaan tes perangkat desa hari ini digelar serentak diseluruh kecamatan di wilayah kabupaten Tuban. Begitu juga di kecamatan Bangilan, tes perangkat tahun ini ternyata masih banyak diminati  oleh masyarakat. Buktinya di Desa Kablukan Bangilan formasi satu lowongan diikuti  sebanyak 19 orang pendaftar.

Diantara desa di kecamatan Bangilan formasi perangkat desa yang masih diperebutkan meliputi desa bate, Klakeh, Sidotentrem, Kablukan, Kedung Mulyo, dan Kumpulrejo, sedang desa-desa lainnya sudah terisi tahun lalu. Menurut beberapa peserta tes soal yang diujikan tahun ini lebih mudah dibanding soal tahun lalu. Sehingga dimungkinkan seluruh formasi yang tersedia akan terisi penuh pada tahun ini.

Semoga dengan selesainya seluruh agenda tes perangkat desa ini membawa perbaikan terhadap administrasi pemerintahan di wilayah pedesaan. Semoga. jwt