Rabu, 28 Maret 2012

BBM naik tinggi SUSU tak terbeli

..................................................
"Maafkan kedua orangtuamu
Kalau tak mampu beli susu
BBM naik tinggi
Susu tak terbeli orang pintar tarik subsidi
Mungkin bayi kurang gizi (anak kami)" 

Petikan lagu Kang Iwan diatas menggambarkan kondisi riil masyarakat kita sekarang ini, berapa banyak balita-balita yang kurang gizi yang sempat terpotret oleh media koran, berapa banyak orang-orang pinggiran yang selalu ditayangkan di stasiun televisi, dan mungkin jika pemerintah mau jujur rakyat kita memang kondisinya demikian. Walau dengan pedenya pemerintah merilis data statistik diatas kertas bahwa angka kemiskinan turun sekian persen tapi dalam kenyataannya rakyat ini semakin susah dan terpuruk. Kondisi ini diprediksi akan semakin memburuk lagi dengan kebijakan pemerintah yang akan menaikkan BBM pekan depan tepatnya tanggal 1 April 2012. 

Sabtu, 24 Maret 2012

Bangilan ???? ...

Sampai hari ke-6 pasca meledaknya bom di belakang rumah bu Zair  masyarakat masih menyimpan tanya tentang motif dan pelaku. Pihak kepolisian pun terus berusaha mencari indikasi-indikasi yang terkait dengan peristiwa tersebut. Namun seakan menabrak tembok tebal langkah polisi terhambat dengan minimnya data dan fakta yang ada di TKP. 

Sempat santer beredar bahwa bom yang melukai pak Ghofur dan Bu Zair ada kaitannya dengan asmara keponakan beliau, apalagi meledaknya bom bertepatan dengan akan dilangsungkannya resepsi sepasaran pernikahan tersebut. Bahkan polisi pun sempat menarget seseorang yang dicurigai pernah melakukan ancaman pembunuhan terhadap pak Ghofur. Seakan mengurai benang yang kusut, polisi pun  belum mendapatkan bukti-bukti yang kuat tentang hal ini.

Melalui media koran saya pun terus mengikuti perkembangan kasus yang pertama kali terjadi di Kec. Bangilan ini. Akankah polisi mampu mengungkap dan menyelesaikan misteri bom Senin pagi ?

Mari bersama kita bersabar menunggu hasil dan kinerja dari aparat yang berwenang, semoga sisik melik yang membungkus misteri ini segera terungkap. Semoga. Jwt


Rabu, 21 Maret 2012

Senandung Tembang Asmaradana di Kec. Bangilan

Meledaknya bom di  Bangilan Senin pagi 19 Maret  2012 menjadi sensasi tersendiri bagi kota kecamatan tersebut. Bayangkan kota yang awalnya begitu damai, tentram dalam sekejap bersamaan dengan meledaknya bom rakitan di belakang ndalemnya Pak Pur dan Bu Zair suasana menjadi berubah. Banyak polisi berseliweran, orang-orang yang tidak kita kenal berlalu-lalang, insan-insan media pun sama berdatangan mencari berita tentang kasus meledaknya bom tersebut. Orang-orang sama bertanya-tanya, saling kasak-kusuk ada apa dengan Bangilan ? ada apa dengan pak Pur dan Bu Zair yang ketepatan menjadi target dari bom tersebut. Tidak ketinggalan media cetak, media TV, internet  bahkan semua mata dan mata-mata mungkin sedang  tertuju pada kota kecil ini.

Saya berharap semua orang bisa menahan diri dengan kasus ini, jangan sampai ada yang terpancing dengan suasana yang sedang keruh ini, mungkin kita memang sedang dipancing oleh pihak-pihak yang tidak kita ketahui. Serahkan semua pada yang berwajib karena semua sedang dalam penyelidikan, jangan sampai kita saling melempar statemen yang ngalor-ngidul tidak jelas yang bisa menjadi teror baru bagi masyarakat itu sendiri. Jangan langsung mengambil kesimpulan sebelum semua jelas sebab  membicarakan sesuatu yang kita belum mengetahui dengan sejelas-jelasnya itu namanya gosip, kabar burung, kabar kabur kata teman di facebook.

Menurut pernyataan resmi dari Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko senin siang pasca peledakan bom saat beliau sidak di tempat kejadian bahwa peristiwa tersebut tidak terkait dengan jaringan teroris manapun tetapi peristiwa tersebut adalah tindak kriminal murni, begitu ungkapnya. Dan hal ini didukung fakta penyelidikan dan fakta yang ada di lapangan. Ini yang harus diketahui oleh masyarakat. Agar masyarakat tidak resah bahwa di Bangilan telah ada gerakan teroris. Memang beda tipis antara teroris dan teror kan ? Jangan sampai ada pihak-pihak yang memanaskan dan mengeruhkan suasana seperti sekarang ini.

Saya memberi judul tulisanku ini adalah "Senandung Tembang Asmaradana di Kec. Bangilan" lalu apa hubungannya ? Bukankah tembang itu indah ? 

Begini yang ingin saya maksudkan, Asmaradana adalah salah satu dari tembang mocopat. Dalam khasanah kebudayaan jawa asmara itu memiliki arti cinta, dana itu berasal dari kata dahana yang berarti api. Jadi asmaradana berarti "Api Cinta". Disinyalir peristiwa ini dilatarbelakangi oleh api cinta yang tak  tersalurkan sehingga bom tersebut yang akhirnya menjadi pelampiasan cinta yang sedang membakar. Maka BLEUMMMM !!!!!!...... meledaklah bom cinta dan jatuhlah  dua korban yang tak berdosa. (dalam Penyelidikan)

Lalu siapakah kira-kira pelaku yang menyenandungkan tembang asmaradana di Kec. Bangilan  ini ? Sekali lagi kita tunggu kerja aparat, dan jangan membuat kira-kira, saya juga menghimbau teman-teman di facebook untuk tidak bilang bom teroris yang sedang melanda Bangilan, karena sejatinya bahasa dan ungkapan kita itu akan mempengaruhi masyarakat luas tentunya. Selamat Menahan  diri. jwt

Senin, 19 Maret 2012

Bangilan Pukul Setengah Enam


Setelah Shubuh dinihari sekitar pukul 05.30 WIB, terjadi kejadian yang luar biasa di Bangilan Tuban. Di duga sebuah rakitan bom meledak di rumah salah satu warganya yang berada di dusun Pulut Bangilan tepatnya di Etane kali depan masjid Al Falah Bangilan. Ledakan itu menyebabkan pasangan suami istri mengalami luka-luka di kaki dan sebagian kepala bagian belakang. Korban segera dilarikan di rumah sakit Bangilan, melihat kondisi korban yang masih shok dan luka-lukanya yang cukup banyak akhirnya korban dilarikan ke rumah sakit umum di Tuban. Sementara ini Polisi masih menyelidiki motif dibalik peristiwa shubuh yang menggemparkan masyarakat Bangilan tersebut.Menurut hasil dari penyelidikan Polisi bom rakitan tersebut berisi serpihan-serpihan keramik yang berwarna merah dan biru, hingga saat ini jajaran Polisi dari sektor Bangilan dan dibantu oleh polres Tuban yang diterjunkan di lokasi masih melakukan olah TKP. Semoga pihak  kepolisian segera bisa mengungkap dan menangkap pelaku secepat mungkin sehingga peristiwa ini tidak menyisakan misteri dan teka-teki yang menghantui masyarakat sekitar. Amien...

Minggu, 11 Maret 2012

Renungan Sebelas Maret

Sebelas maret yang saya maksud disini bukan sebelas maretnya sejarah pemerintahan kita, namun sebelas maret dalam ruang lingkup yang lebih kecil yaitu sejarah almamater pondokku tercinta ASSALAM BANGILAN TUBAN INDONESIA. Sebelas maret adalah hari bersejarah yang patut dikenang oleh santriwan-santriwati ASSALAM Bangilan, karena pada hari ini terjadi sebuah revolusi, terjadi sebuah perubahan, dari ASSALAM yang berlokasi di Sidokumpul hijrah ke jantung kota Bangilan tepatnya di dusun Ngrayung, pada tanggal 1 Maret 1995. Walau sebenarnya kelahiran ASSALAM jauh sebelum tahun itu tetapi hal ini patut kita ingat dan menjadi tonggak sejarah, karena pada fase inilah ASSALAM berhasil mengawinkan madrasah dan pondok dalam satu lokasi.

Jumat, 09 Maret 2012

KH. Fawaid Kapundut/ Tangisku dan Dukamu

Aku kembali menangis
Bersama dukamu
Asembagus Situbondo
Jum'at, 9 Maret 2012
Pukul 12.40 WIB
Telah wafat
Pengayom santri dan umat
KH. Fawaid As'ad Syamsul Arifin
Satu lagi hamba-MU
Kau panggil ke dalam jannah-MU
amien....

Kamis, 08 Maret 2012

Menuju Tuban Yang Jujur

Hari ini Kamis, 8 Maret 2012 keluarga besar pendidikan Kab. Tuban punya gawe besar yaitu penyelenggaraan "Pengambilan Sumpah Sekolah Penyelenggara  dan Launching Ujian Nasional Jujur" tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tahun Pelajaran 2011/2012. Acara yang digelar di gedung KSPKP itu dihadiri sekitar 500 insan pendidikan yang berada di wilayah Kabupaten Tuban. Prosesi sumpah yang langsung dipandu oleh Bapak Bupati Tuban KH. Fathul Huda diikuti oleh perwakilan dari elemen pendidikan  meliputi Kepala Sekolah sebagai penyelenggara UN, guru yang bertugas sebagai pengawas Ruang dan perwakilan dari siswa kelas IX dan XII.

Rabu, 07 Maret 2012

Misteri Selo Gampeng Dusun Tanggung Kedungjambangan


Misteri Selo Gampeng Dusun Tanggung Kedungjambangan
Oleh : Siti Zaenap Prastika

Selo gampeng adalah nama sebuah tempat di tengah hutan yang berada di desa Kedungjambangan, tepatnya di dusun Tanggung Desa Kedungjambangan Kec. Bangilan. Selo gampeng berasal dari bahasa jawa yaitu “Selo” yang berarti batu, dan “Gampeng” yang berarti miring atau batu yang saling bersandaran sehingga membentuk seperti pintu sebuah goa.
Menurut penduduk sekitar disana terdapat emas yang merupakan peninggalan para penjajah zaman Belanda dan Jepang sebelum kemerdekaan. Menurut cerita yang tersebar para penjajah meninggalkan emas-emas tersebut dalam peti, kemudian setelah merdeka mereka meninggalkan tanah air Indonesia tanpa membawa peti-peti tersebut.

Selasa, 06 Maret 2012

BAB V LAM TA’RIF

BAB V
LAM TA’RIF ( ال ) ﴿ لاَمُ التَّعْـرِيْف ﴾

Lam ta’rif adalah huruf alif dan lam ( اَلْ ) yang selalu dihubungkan dengan kata benda (isim) dalam bahasa arab.
Ada 2 hukum bacaan dalam Ilmu Tajwid apabila lam ta’rif bertemu dengan huruf hijaiyah, yaitu :

1.IDHAR QOMARIYAH ﴿ إِظْهَار قَمَرِيَّة ﴾
Idhar artinya : terang dan jelas
Qomariyah artinya : sebangsa/sejenis bulan.
Menurut Ilmu Tajwid Idhar Qomariyah adalah apabila ada lam ta’rif bertemu dengan salah satu huruf qomariyah yang 14, diantaranya :
ء ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و هـ ي
Cara membaca ( ال ) disini harus jelas dan terang.
Huruf yang 14 diatas dinamakan bulan karena bintang ( ال ) akan tetap tampak jelas sekalipun bertemu dengan bulan.
Contoh :
- اْلأَحَدُ - الْبَصِيْرُ - الْجَنَّةُ - الْحَمْدُ ِللهِ
- الْخَيْرُ - الْعَلِيْمُ - الْغَنِيُّ - الْفِعْلُ

2.IDGHOM SYAMSIYAH ﴿ إِدْغَام شَمْسِيَّة ﴾
Syamsiyah artinya: sebangsa matahari
Menurut Ilmu Tajwid Idghom Syamsiyah adalah apabila ada lam ta’rif (ال) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah selain huruf qomariyah, diantaranya :
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن
Cara membaca ( ال ) disini harus digabungkan dengan huruf didepannya/diidghomkan (huruf lam tidak terbaca).
Huruf diatas dinamakan huruf syamsiyah (matahari) karena bintang (ال) menjadi tidak terlihat Menurut Ilmu Tajwid apabila bertemu dengan matahari.

Contoh :

- التَّوَّابُ - الثَّوْبُ - الدُّعَاءُ - الذِّكْرُ
- الرَّحِيْمُ - الزَّكَاةُ - السَّمِيْعُ - الشَّمْسُ
- الصَّبْرُ - الضَّآلِّيْنَ - الطَّاهِرُ - الظَّالِمُوْنَ
- اللَّطِيْفُ - النَّاسُ

BAB IV NUN DAN MIM BERTASYDID (GHUNNAH) ﴿ غُـنَّة ﴾

BAB IV
NUN DAN MIM BERTASYDID (GHUNNAH)
﴿ غُـنَّة ﴾

Ghunnah artinya : mendengung
Menurut Ilmu Tajwid apabila ada mim ( م ) atau nun ( ن ) bertasydid ( ﹽ ) maka hukum bacaannya adalah Ghunnah ( غُنَّة ), cara membacanya dengan mendengung.

Contoh :
- وَمِنَ النَّاسِ - آمَنَّا بِاللهِ - مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Sabtu, 03 Maret 2012

Esensi


"Gerak batin tercermin pada gerak lahir
Gerak lahir luluh oleh gerak batin"

Masing-masing melebur dalam satu nafas
satu angan, jasad dan jiwa
menjelma menjadi
satu keabadian
Menyeberangi
Samudera ketidakmungkinan

Kamis, 01 Maret 2012

KH. Abdullah Faqih Langitan Wafat

Langit berduka
Bumi bersimbah air mata
Atas kapundutnya
Mbah Faqih
Malam Kamis, 1 Maret 2012
Pengasuh Ponpes Langitan Tuban
Guru para santri
Dan kita semua
Bagiku Mbah Faqih
Adalah Sesepuhku juga
Walau secara fisik tak pernah nyantri
dan berjumpa dengan beliaunya
Semoga Segala dosa-dosa
Diampuni oleh Dzat Yang Maha Pengampun
Semoga amal ibadahnya diterima
Disisi-NYA
amien...


"Saya dari keluarga blogger mengucapkan "Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rooji'un" atas Kapundutnya KH. Abdullah Faqih (80 th).


Cuplikan Pidato Soekarno Pada Hari Pramuka


..................................
Ibu pertiwi mempunyai konde yang harus kita hias dengan bunga-bunga kataku !
Engkau harus menyumbang bunga kepada konde daripada ibu pertiwi..

Engkau bisa menyumbang apa ?
Bisa menyumbang melati berilah melati kataku

Engkau bisa menyumbang apa ?
Bisa menyumbang mawar,berilah mawar kepada ibu pertiwi

Engkau bisa menyumbang apa ?
Engkau bisa menyumbang bunga cempaka kepada ibu pertiwi
Berilah cempaka kepada ibu pertiwi

Engkau tetap kau bisa memberi bunga apa ?
Engkau bisa menyumbang bunga kamboja kepada ibu pertiwi,
Sumbanglah kamboja kepada ibu pertiwi !!!