Senin, 22 Mei 2017

Dunia Anak

Dunia Anak
Oleh : Joyojuwoto

Pagi ini saya mengantar Nafa, anak kedua saya yang sekarang mulai masuk play group. Di sekolah tempat anak saya sekolah, saya melihat keceriaan yang luar biasa. Ya dunia anak adalah dunia yang penuh dengan kebahagiaan dan keceriaan.

Anak-anak sama bermain bersama teman-temannya, bersama ustadzahnya. Sekolah anak memang sekolah bermain, anak-anak belum waktunya untuk diajari pengetahuan ini itu, kecuali diajari untuk bermain dan bergembira.

Oleh karena itu, pra sekolah anak disebut sebagai play group, kelompok bermain. Jadi permainan bagi anak sangatlah penting, bagi tumbuh berkembangnya jiwa dan raga anak.

Kita sebagai orang tua tidak perlu galau jika anak kita belum diajari membaca dan menulis di usianya yang masih play group atau TK, karena memang diusia itu anak lebih membutuhkan bermain daripada belajar membaca dan menulis. Jadi ikuti saja perkembangan anak secara alamiah, nanti pada saatnya saya yakin kemampuan itu pasti dilampauinya.

Kadang kala orang tua ada yang menuntut anaknya untuk bisa ini dan itu tanpa mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, kita lupa ada banyak fase yang harus dilalui, jadi bersabarlah dalam proses tumbuh berkembangnya anak baik secara jasmani maupun rohani.

Yang paling penting dalam dunia anak adalah keteladanan, jadi jika kita menginginkan ini dan itu pada diri anak, maka kita harus berkaca, apakah kita telah memberikan teladan yang baik?

Dalam sebuah maqalah dikatakan alwaladu sirru waalidihi, anak adalah rahasia dari orang tuanya, maka saya sangat setuju dengan ungkapan yang menyatakan bahwa "Jangan takut untuk tidak didengar anak, tapi takutlah jika dilihat anak.

Oleh karena itu, mari menjadi teladan yang baik untuk anak-anak kita.Cause You are model. #joyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar