Kamis, 25 Mei 2017

Purna TK Naila

Purna TK Naila
Oleh : Joyo Juwoto

Tak terasa waktu terus bergulir, detik, menit, jam, hari, bulan berakumulasi menjadi  tahun. Naila, anakku yang pertama telah mengakhiri masa belajarnya di TK Muslimat Nu Bangilan, dan kini saatnya ia memasuki sekolah tingkat dasar.
Sebagai orang tua saya sangat berterima kasih kepada guru-guru yang ada di TK Muslimat NU Bangilan, karena dengan rela dan penuh dengan bakti keihklasan membimbing anak saya tentang banyak hal, mulai dari mengenalkan huruf-huruf, merangkainya menjadi kalimat, mengajari mengeja kata, doa-doa, praktek shalat, membaca, bersosialisasi, ketrampilan motorik maupun psikomotor, dan tentu masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan.

Saya tak mampu membalas dan memberikan apapun, kecuali mengucapkan  terima kasih yang tak terhingga. Semoga jasa-jasa beliau mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Swt, menjadi ilmun nafi’ yang mengalirkan pahala jariyah. Aamin ya Rabbal ‘alamin.

Pendidikan anak seharusnya adalah tanggung jawab orang tua sebagai amanah dari Tuhan, namun orang tua bisa mewakilkannya kepada guru-guru yang terpercaya. Dengan tetap ikut serta terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran tersebut.

Saya merasa bahagia selama menjalani proses belajar, perkembangan Naila cukup baik. baik di sini bukan berarti selalu dengan prestasi yang menonjol, dan selalu ranking juara satu. Saya tidak begitu memprioritaskan masalah ini, juara dan tidak juara adalah bagian proses dari pembelajaran semata, bukan sebuah kenicscayaan. Bagi saya, anak bisa melewati masa belajarnya dengan nyaman dan penuh kebahagiaan adalah sebuah anugerah yang tak terkira.

Walau demikian prestasi juga penting, namun menurut saya bukan satu-satunya yang terpenting. Ranking-ranking hanya sebagai tolak ukur bagi perkembangan anak, bukan sebagai ajang gengsi. Jadi masalah ini saya tidak pernah mempermasalahkannya.

Di akhir semester pertama maupun kedua sebelum penerimaan raport, biasanya diadakan berbagai macam lomba yang diikuti oleh anak-anak. Begitu juga dengan anak-anak TK Muslimat Bangilan. Ada lomba bercerita, menggambar, mewarnai, lomba ketangkasan, lomba menghafal doa-doa dan surat-surat pendek, wudhu, lomba gerakan dan bacaan shalat, dan lain-lainnya. Lomba ini adalah dalam rangka memberikan motifasi bagi orang tua dan anak didik untuk meningkatkan kemampuan anak.

Siapapun yang anaknya mendapatkan prestasi dan juara tentu akan sangat senang. Begitupula dengan saya. Namun saya selalu mengatakan kepada Naila, bahwa tujuan lomba bukan dalam rangka juara, namun lebih pada belajarnya. Alhamdulillah Naila memahami apa yang saya ucapkan. Dia telah punya bayangan dan pemahaman bahwa tidak mendapat piala juara tidak apa-apa.

Karena tidak target untuk juara, yang menjadi masalah akhirnya persiapan lombanya kurang maksimal. Bahkan di semester pertama hampir tidak ada persiapan sama sekali. Dari berbagai lomba yang diikuti hampir semuanya kurang meyakinkan untuk keluar sebagai juara. Namun sangat mengejutkan, dan bahkan Naila sendiri mengaku terkejut dan tidak menyangka ketika namanya dipanggil untuk menerima tropi. Ya ternyata Naila dapat juara satu untuk lomba bercerita, dan lomba fashion show, sehingga Naila mendapatkan juara umum ketiga di TK Muslimat Nu Bangilan.

Begitu juga di lomba akhir semester genap. Berkaca pada pengalaman di semester pertama, akhirya Uminya Naila berusaha mempersiapkan lomba dengan sebaik-baiknya. Lebih baik dari semester pertama. Namun namanya anak ya begitulah, belajar semaunya dan sesuka hatinya. Apalagi Naila juga tidak punya keinginan mendapatkan trofi. Dia merasa telah punya trofi. Tapi Alhamdulillah di semester kedua Naila kembali terkejut dan mendapatkan trofi dengan tetap di posisi ketiga sebagai juara umum lomba. Adapun prestasi yang diraih Naila di semester kedua adalah juara satu lomba menggambar dan juara satu lomba ketangkasan.

        Saya bersyukur kini Naila telah purna dari TK, dan segera memasuki jenjang baru di sekolah dasar. Saya berharap Naila dan anak-anakku semua, menjadi anak-anak yang sholeh-sholehah dalam ridho dan lindungan Allah Swt. Aamin ya rabbal ‘alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar