Kamis, 09 Juni 2016

Resensi Buku “Jejak Sang Rasul”

Resensi Buku “Jejak Sang Rasul”
Identitas Buku
Judul Buku      : Jejak Sang Rasul
                          Sebuah Tarikh Singkat Nabi Muhammad SAW
Penulis             : Joyojuwoto
Penerbit           : Dreamedia
Cetakan           : Mei 2016
Tebal               : 177
Kategori          : Nonfiksi
ISBN               : 978-602-6226-09-9

Ulasan buku
Buku Jejak Sang Rasul adalah buku yang menjadi jejak pertama saya dalam menulis sebuah buku. Sebagaimana lazimnya yang pertama, ada nuansa romantis dan keindahan yang mungkin hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang mengalaminya, ya pengalaman batiniyyah semacam ini memang kadang susah disampaikan dalam bentuk tulisan. Saking senangnya, sampai buku ini harus saya resensi sendiri.

Buku ini hadir sebagaimana yang saya tulis sebagai sebuah bentuk lain dari shalawat kepada Nabi, sebuah ungkapan yang tulus, serta rasa cinta yang berbunga, serta kerinduan yang mendalam kepada beliau Rasulullah SAW, dengan harapan dan pamrih kelak kita termasuk umat yang diakui oleh beliau Rasulullah SAW, umat yang berada di bawah bendera dan panji-panjinya.

Buku itu saya tulis dalam rentang waktu yang cukup lama, dalam artian naskah itu lama tidak saya tulis-tulis, saya bingung, ragu-ragu, dan sejumlah perasaan lain yang tidak menentu Ibaratnya buku adalah anak ideologis kita, buah pikiran, perenungan, serta cerminan dari diri dan jiwa kita, jadi sebelum kita melahirkan anak itu, tentu ada berbagai macam perasaan yang menghantuinya. Kalau dalam istilah Jawa seorang yang hampir melahirkan didera rasa sakit yang berkepanjangan yang dikenal dengan istilah mar marti, begitu juga dengan saya, - saya harus melawan berbagai macam rasa itu, akhirnya pada tahun 2015 saya menemukan momentum untuk berani melahirkan. Dengan bergabungnya saya dengan Komunitas Sahabat Pena Nusantara yang digagas dan diketuai Oleh : Ustadz M. Husnaini saya akhirnya punya keberanian untuk meneruskan program menulis saya.

Saya berusaha rutin menulis agar naskah itu segera selesai, alhamdulillah berkat dorongan semangat, dan bimbingan dari para guru, sahabat semua di Komunitas Sahabat Pena Nusantara akhirnya naskah saya bisa diterbitkan, walau  tentu saya sangat menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu perbaikan di sana-sini.


Mengenai ulasan buku “Jejak Sang Rasul” saya kutipkan testimoni dari para pembaca, monggo disimak :
Testimoni Pembaca

“Segala “Proses menjadi” harus bermula dari dasar. Dan buku yang sedang dalam genggaman Anda ini adalah sebuah dasar kuat untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan Islam secara keseluruhan. Jika dihayati, saya yakin buku ini akan menginspirasi umat dalam melanjutkan perjuangan Kanjeng Nabi Muhammad SAW.”
Mohammad Haris Suhud
Penulis Buku Best Seller “Bening Senja”

“Sebagai sebuah karya perdana, buku ini patut diapresiasi. Penulis menuturkan kisah tentang sejarah hidup Rasulullah SAW secara runtut, gamblang dan tidak berbelit-belit sehingga memudahkan pembaca dalam menelusuri Sirah Nabawiyyah. Semoga buku ini  menginspirasi pembaca semua.”
Yuniarta Ita Purnama, S.Pd, M.Pd
Dosen IKIP PGRI Bojonegoro


“Di tengah-tengah mental yang sering mulai goyah akibat kehidupan duniawi. Buku ini hadir untuk mengingatkan kembali perjuangan dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.”
Endrik Safudin
Penulis Buku “Langkahkan Kakimu”



“Buku yang sangat layak untuk di telaah! Racikan tulisan penulis terasa renyah. Iqra’ tafham, bacalah! Maka anda akan faham bahwa buku yang ada ditangan anda ini terlalu sayang untuk dilewatkan!

Farichatul Aulia
Mahasiswi PBA UIN Surabaya

Buku ini berisi tentang kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Kemurahan hati, kesetiaan, keramahan, kejujuran, kedamaian, sifat pemaaf, dan semua kebaikan dalam diri Rasulullah SAW patut untuk kita teladani. Semoga kelak kita diakui sebagai umat-Nya di hari kiamat. Amiin.”

Didik Jatmiko
Ketua Komunitas Blogger Bojonegoro


"Sebuah karya yang layak dibaca bagi mereka yang  punya waktu sempit namun ingin mendapat gambaran umum tentang figur dan perjuangan Rasulullah SAW.” 

Rita Audriyanti - Ibu Rumah Tangga dan Penulis Buku "Haji Koboi. Catatan Perjalanan Haji Backpacker"

“Buku sejarah biasanya tebal, melihatnya saja sudah enggan, apalagi menikmati. Buku ini berbeda, kisah manusia utama pilihan Allah Swt diulas dengan ringkas, padat, dan renyah. Sangat bermanfaat dan mencerahkan.”
Hidayati Nur, Ketua Forum Lingkar Pena Tuban

Demikian sekilas mengenai buku saya “Jejak Sang Rasul” semoga bisa membawa manfaat, dan berbuah syafaat untuk saya khususnya, dan para pembaca tentunya. 

Terima kasih saya sampaikan kepada para guru dan sahabat saya semuanya yang telah ikut membantu terbitnya buku ini, terima kasih untuk Ustadz Husnaini, Kang Haris Suhud, Yuniarta Ita P., Mas Endrik Safudin, Aulia, Mas Didik Jatmiko, Ibu Rita Audriyanti, Mbak Hidayati Nur, dan semua saja yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu. Dan akhirnya Tegur dan sapa dari pembaca sangat saya harapkaan demi perbaikan tentunya. Salam. Joyojuwoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar